Indonesian Sleepy Wrap Authorized Distributor
Random header image... Refresh for more!

Cara Mengajari Anak Minum pake Sedotan

Mengajari anak minum pake sedotan ternyata nggak susah looh… bahkan di umur 7-8 bulan, si anak udah mulai bisa diajari ketrampilan baru ini… anakku sendiri sejak umur 8 bulanan udah bisa minum pake sedotan, biarpun pertamanya bisanya pake sedotan pendek (kalo pake sedotan panjang, belum kuat nyedotnya.. jadi aernya cuma naik sampai separo tinggi sedotan, terus jatuh lagi… hehehe)…

Naah.. buat yang tertarik, silakan disimak step by stepnya :

1. Siapkan sedotan (yang pendek aja), misalnya sedotan aqua, atau kalo pake sedotan yang bisa dibeli di supermarket, potong aja jadi 2.
2. Masukkan sedotan ke dalam gelas berisi air, tutup ujung sedotan yang tidak terendam air dengan jari telunjuk, terus angkat sedotan dari gelas (kayak ngambil air dengan cara di-pipet gitu deh).
3. Masukkan ujung sedotan yang tadinya terendam air ke mulut bayi, dengan posisi ujung sedotan yang tertutup jari kita lebih tinggi dari mulut bayi… lalu lepaskan jari telunjuk kita… air akan terlepas dari sedotan dan masuk ke dalam mulut bayi… Hal ini berguna untuk mengajari bayi agar dia mengerti bahwa sedotan itu gunanya untuk minum…
5. Setelah bayi mengerti… sekarang lakukan hal yang sama, tapi letakkan sedotannya mendatar/horizontal… sehingga saat Anda melepaskan telunjuk dari sedotan, air nggak akan langsung mengalir ke dalam mulut bayi. Nanti si bayi akan refleks berusaha menyedot air itu agar masuk ke mulutnya.
6. Setelah si bayi bisa menyedot air dari sedotan yang diletakkan mendatar, posisikan sedotan agak turun, lebih rendah dari mulut bayi… Pertama mungkin bayi akan telat menyedotnya, sehingga air keburu jatuh… coba terus sampai dia bisa…
7. Naah.. kalo step 6 sudah bisa, taro aja sedotan di dalam gelas, dan minta bayi minum lewat sedotan itu… Dijamin pasti dia bisa :D..

Tips : Biar bayi lebih semangat, bisa coba pake jus jeruk atau sari buah yang rasanya manis 😀

2 comments

1 indrie { 11.24.10 at 5:39 am }

tdnya sy sedih bgt liat putri saya ndak mau mik lewat dot botol.. tp alhamdulillah d usia 3,5 bln putri sy udah bisa mik lewat cangkir, usia 4,5 bln udah bs mik aqua pk sedotan… (masi dkit2 tumpah n sy pegangin cangkirnya)

2 putcie { 12.08.10 at 6:13 am }

wahh,,,thx infonya….serius bisa? hehehhehe….
Fae 15 bulan belum bisa minum pake sedotan soalnya… agak2 bingung gimana ngajarinnya…..
semoga sukses deh nyobainnya

Leave a Comment