Indonesian Sleepy Wrap Authorized Distributor
Random header image... Refresh for more!

Mengencerkan Dahak pada Anak

Beberapa waktu yang lalu anak saya batuk parah… udah ke dokter dan minum obat ga sembuh-sembuh, dan tau sendiri deh betapa repotnya kalo anak batuk. Jadi sering muntah, karena memang anak kan belum bisa ngeluarin dahak sendiri, jadi mereka keluarin dahaknya lewat muntah. Abis muntah memang biasanya lega, cuma nggak tega aja ngeliat si kecil muntah terus-terusan, apalagi kalo pas lagi pulas-pulasnya tidur terus tiba-tiba batuk dan muntah. Jadi rewel banget abis itu karena tidurnya terganggu… Belum lagi kalo muntahnya tiba-tiba dan kita ga sempat ngambil baskom… bisa rusuh semua deh kamar… sprei, sarung guling dll semua kena muntahan… Wheewww!!!

Sampai kepikir apa mau diuap aja buat legain dahaknya (di rumah udah ada alatnya, dan udah tau juga takaran obat uapnya), tapi ragu-ragu juga karena gimanapun itu obat yang terbuat dari chemical, jadi sebisa mungkin ga mau terlalu sering pake.

Lalu tiba-tiba si suster usul “kasi madu dan jeruk nipis aja bu”… saya memang sering denger madu dan jeruk nipis untuk sembuhin batuk, tapi belum pernah coba. Karena itu obat tradisional dan bahannya alami, jadi saya pikir ga ada salahnya coba… apalagi dia tahu takarannya…

Daaaaan… coba tebaaak!!! Hasilnya lebih spektakuler dari obat dokter… baru dikasi minum campuran madu-jeruk nipis ini dua kali, malemnya si kecil tidur dengan pulas tanpa muntah… dan frekuensi batuknya juga berkurang. Besoknya batuknya makin membaik, lama-lama makin jarang, dan setelah tiga hari sembuh total. Bravo madu dan jeruk nipis!!!

Berikut resepnya saya tulis di bawah ini… buat yang anaknya lagi batuk silakan dicoba, buat yg anaknya lagi sehat silakan diingat-ingat siapa tau suatu hari nanti berguna.. anak kecil sering banget batuk, right? :p :
– 1 sendok madu
– 3 sendok jeruk nipis
– 5 sendok air

Aduk madu, jeruk nipis, dan air sampai rata, lalu tim/kukus selama 30 menit.

Untuk anak 1-3 tahun : minumkan sehari tiga kali setengah sendok teh
Untuk anak >3 tahun : minumkan sehari tiga kali satu sendok teh

*Resep ini TIDAK BOLEH untuk bayi di bawah 1 tahun ya, karena mengandung madu…

5 comments

1 Lya { 01.11.12 at 5:56 am }

kalo emaknya yang batuk, takaran dosisnya jadi nambah berapa banyak tuh sis? 😀 tq ya

2 Sleepy Wrap Indonesia { 01.16.12 at 4:27 am }

buat emaknya malah belum pernah coba sis 😀 soalnya emaknya jarang batuk hehehe… coba2 sendiri aja sis toh bahannya alami ini ga bahaya 🙂

3 lukman { 04.18.12 at 2:01 am }

takaran untuk membuat ramuannya, sendok makan atau teh?

4 linawati { 09.29.12 at 2:29 am }

Sis,itu takarannya mmg 1 sdm madu yah?? Coz ada yg ktnya 1sdm jeruk nipis 3sdm madu,jdi yg mn yahh yg manjur sbnarnya? Trus biasa resep itu bisa tahan brp lama yah? Αρα perlu disimpan dlm kulkas?

5 Sleepy Wrap Indonesia { 10.09.12 at 7:42 am }

klo saya takaran seperti di atas sis 🙂 mungkin orang lain punya versi beda lagi… sis coba aja mana yg paling cocok utk anak sis…

Leave a Comment